Wednesday 23 November 2016

Thermometer

Termometer
Suhu tertinggi dan terendah hanan adalah pengamatan cuaca yang penting. Suhu ini diukur dengan menggunakan sekumpulan termometer maksimum-minimum.
Thermometer maksimum adalah sebuah termometer raksa dengan satu penyempitan pada bagian bawah pipa kapiler seperti diperlihatkan bentuknya pada gambar (a) di bawah ini. Akibat tekanan oleh pemuaian raksa dalam tabung, raksa lewat melalui penyempitan begitu suhu naik. Ketika suhu turun, raksa tidak dapat lewat kembali meialui penyempitan. Dengan demikian, kolom raksa di atas penyempitan menunjukkan suhu tertinggi yang dicapai. Raksa dikembalikan ke dalam tabung dengan cara mengguncang-guncang termometer itu.
Termometer minimum adalah sebuah termometer alkohol yang mengandung suatu batang kaca tipis berwarna dalam tabungnya seperti dapat kalian lihat bentuknya pada gambar (b) di bawah ini. Batang kaca ini dinamakan indeks. Tegangan permukaan alkohol menarik ke titik terendah permukaan kotom alkohol. Ketika suhu naik dan alkohol memuai, alkohol mengalir di sekitar indeks, mening-katkan indeks pada posisi terendah. Dengan demikian, ujung teratas menandai suhu terendah yang dicapai, Dalam keadaan bekerja, posisi termometer minimum adalah horizontal, Jika posisinya vertikal, indeks kaca akan jatuh meialui alkohol ke dasar tabung. Termometer dikembalikan ke posisi asal dengan memiringkan termometer ke arah bawah.
Selain kedua jenis tehermometer di atas ada juga jenis lain termometer maksimum-minimum yang memberikan kedua hasil pembacaan, seperti dapat kamu lihat bentuknya pada gambar (c) di atas.
Disamping itu, suhu juga dapat diukur dengan menggunakan termometer pencatat yang dinamakan trmograf sepeerti diperlihatkan bentuknya pada gambar di bawah ini.









Gambar 6.18  a. Termometer pencatat atau termograf.
b. Kertas termogram hasil goresan termograf yang mencatat suhu harian di San Fransisco dan Yuma.

Pengukuran suhu udara dilakukan selama jangka vvaktu tertentu, biasanya dalam satu hari, dan hasil rekamannya dinamakan termogram. Suhu tertinggi biasanya dicapai pada pukul 13.00 atau 14.00 (siang) dan suhu terendah pada pukul 04.00 atau 05.00 (pagi).
Suhu harian diperoleh dengan menentukan rata-rata suhu sepanjang hari pada suatu hari tertentu. Dari catatan setiap hari ternyata suhu harian pun tidak sama. Suhu bulanan diperoleh dengan menentukan rata-rata suhu harian selama satu bulan. Ternyata suhu bulanan pun tidak sama dalam setahun. Suhu tnhunan diperoleh dengan menentukan rata-rata suhu harian (atau suhu bulangan) selama periode satu tahun yang ditentukan.
Dari catatan suhu harian dapat diperoleh beberapa informasi sebagai berikut:
a.    Menjelang terjadi hujan, suhu udara menmgkat karena radiasi matahari lertahan oleh awan.
b.    Suhu udara di dataran rendah lebih tmggi daripada di dataran tinggi (pegunungan).
c.    Suhu udara di daerah tropik lebih tinggi daripada di daerah sedang dan di daerah kutub.

No comments:

Post a Comment