Wednesday 23 November 2016

Relief dasar laut


Bentuk permukaan dasar laut atau relief dasar laut seperti diperlihatkan pada gambar di bawah ini mirip dengan daratan yaitu terdiri atas paparan, cekungan, palung, dan gunung berserta pegunungan.
a.     paparan
Dataran di dasar laut yang terhampar di tepi benua disebut paparan atau landau kontinen Kedalamannya adalah 18 sampai 550 m, atau rata-rata 200 m.
Paparan sunda adalah contoh yang luasnya 2 juta km” dan me.nipakan paparan terluas di dunia. Paparan Sunda meliputi Teluk Siam, Selat Malaka, bagian barat daya Laut Cina Selatan, Laut Jawa dan bagian barat Selat Makasar. Rata-rata kedalamannya kurang dari 100 m.
Paparan Sahul adalah contoh lain. Luasnya 8 000 km2. Rata-rata kedalamannya kurang dari 100 m. Paparan Sahul terbentang antara Australia dan Irian.
b.     cekungan
Batas paparan ke arah laut disebut lereng benua. dengan kedalaman 130-4000 m sampai ke dasar cekungan. Contohnya adalah Cekungan Banda dan Cekungan Sulawesi. Keduanya memiliki beberapa tempat dengan kedalaman melebihi 5 000 m.

c.     palung
Palung adalah tempat vang sempit. dalam. dan dindingnva curam. Contohnya adalah Palung Jawa. Palung Jawa membujur di sepanjang selatan Pulau Jawa. Kedalamannya sekitar 8 000 m. Contoh lainnya adalah Palung Mindanao. Palung Mindanao terletak di sebelah timur kepulauan Filipina. Kedalamannya lebih dari 10000 m.
d.     gunung dan ambang laut
Ada beberapa gunung yang muncul di permukaan laut. Contohnya Pulau Banda, Pulau Ternate, dan pulau gunung apt di kepulauan Maluku. Umumnya puncak gunung laut tidak mencuat ke permukaan laut. Bentuk pegunungan laut yang menyekat laut di sebelah me-nyebelahnya disebut ambang laut. Contohnya adalah ambang Sulawesi yang berada di antara Cekungan Sulawesi dan Samudra Pasifik seperti diperlihatkan pada gambar di samping ini.

No comments:

Post a Comment