Wednesday 23 November 2016

Pengertian Peta


Sebelum pengertian peta dijelaskan, coba kalian perhatikan baik-baik salah satu peta pada yang kalian miliki atau peta yang telah disediakan di sekolah Dapatkah kalian sepintas membayangkan manfaat yang diperoleh dari peta tersebut? Disamping itu, berdasarkan hasil pengamatan yang kalian lakukan terhadap peta tadi. Dapatkah kalian membuat suatu definisi apa yang dimaksud dengan peta berdasarkan kalimat kalian sendiri!
Sebenarnya kalian sudah tidak asing lagi dengan apa yang dinamakan dengan peta. Karena sewaktu kalian masih duduk di sekolah dasar pun, kalian tentu pernah melihat atau bahkan pernah menggunakan peta, terutama ketika kalian mempelajari ilmu pengetahuan sosial. Masih ingatkah kalian, informasi apa saja yang dapat kalian peroleh dari sebuah peta?
Pada sebuah peta yang kita baca terdapat berbagai informasi, antara lain informasi mengenai kota, gunung, dan sungai. Sebuah peta dikatakan menyajikan informasi bagi yang menggunakannya, jika peta itu mampu memberikan berbagai keterangan mengenai gejala-gejala yang terjadi di permukaan bumi, baik gejala alam maupun gejala sosial.
Ilmu pengetahuan mengenai peta tanpa kita sadari, sebenarnya telah lama dikenal dalam peradaban manusia, bahkan dapat dikatakan hampir setua sejarah manusia itu sendiri. Peta pertama kali dibuat oleh bangsa Babilonia sekitar 2300 SM. Peta ini terbuat dari lempengan tanah liat yang awalnya diperuntukkan untuk kepentingan pajak tanah.
Bahkan sewaktu manusia masih belum mengenal tulis menulis, pengetahuan mengenai peta telah dikenal. Sebagai contoh apabila seseorang ditanya mengenai lokasi suatu tempat, orang tersebut dapat menggambarkan atau menginformasikan mengenai tempat yang ditanyakan itu. Hal ini membuktikan bahwa mereka telah mengenal salah satu pengetahuan peta.
Kata peta merupakan istilah dari hasil terjemahan kata dalam bahasa Inggris, yaitu map. Sedangkan kata map sendiri tadinya berasal dari bahas Yunani, yaitu dari kata mappa, yang artinya taplak atau kain penutup meja. Selanjutnya istilah peta ini pengertian diperluas menjadi gambaran sebagian atau seluruh permukaan bumi yang diperkecil pada suatu bidang datar dengan menggunakan skala tertentu. Saat ini telah berkembang suatu ilmu pengetahuan yang khusus mempelaiari peta yaitu kartografi.
Untuk menggambarkan berbagai kejadian di permukan bumi secara benar pada sebuah peta, perlu dipergunakan skala. Skala merupakan salah satu komponen dari sebuah peta. Untuk mengetahuinya lebih lanjut mengenai skala peta, ikutilah penjelasan mengenai komponen-komponen sebuah peta yang segera akan dijelakan secara rinci berikut ini.

No comments:

Post a Comment