Wednesday 23 November 2016

Cuaca dan Iklim


Cuaca adalah keadaan lapisan udara di suatu tempat yang tidak luas pada saat tertentu dan biasanya tidak berlangsung lama; misalnya mendung, angin kencang, hari hujan dan hari cerah.
Cuaca selalu berubah-ubah setiap waktu di setiap tempat. Oleh sebab itu, sering terjadi di suatu tempat udara berawan atau hujan turun lebat, tetapi di tempat yang lain cuaca terang benderang.
Informasi tentang perubahan cuaca sering ditayangkan pada televisi yang umumnya hanya berlaku untuk 1 hari. Berbagai alat telah dibuat untuk mengamati dan mengukur unsur-unsur cuaca. Bahkan saat ini telah digunakan alat modern, yaitu satelit cuaca. Ilmu yang mempelajari cuaca disebut meteorologi.
Pengamatan cuaca di Indonesia dilakukan secara terus-menerus oleh Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) yang berpusat di Jakarta. Badan Meteorologi dan Geofisika bertugas menyelidiki dan mencatat keadaan udara seperti suhu udara, temperatur udara, tekanan udara, keadaan awan, dan curah hujan. Badan Meteorologi dan Geofisika memiliki stasiun-stasiun pengamatan cuaca yang tersebar di berbagai tempat di Indonesia.
Berbeda dengan cuaca, iklim adalah keadaan rata-rata cuaca dalam jangka waktu yang lama dan meliputi daerah yang luas. Perubahan iklim umumnya bersifat menyeluruh. Perubahan iklim dapat disebabkan oleh keadaan menipisnya lapisan ozon di atmosfer, atau menipisnya kawasan hutan di daerah tropis. Perubahan ini terjadi dalam waktu yang lama (30 - 100 tahun).. Unsur-unsur iklim sama dengan unsur-unsur cuaca. Iklim yang banyak berpengaruh di wilayah Indonesia ialah: iklim tropik, iklim musim, dan iklim laut,
Perbedaan antara cuaca dan iklim terletak pada luas daerah liputan dan lamanya waktu pengamatan. Cuaca dikenal sebagai keadaan udara setempat yang memiliki wilayah cakupan yang lebih sempit dibandingkan dengan iklim yang meliputi wilayah yang luas. Keadaan cuaca ditentukan dengan pengamatan yang singkat (24 jam), sementara keadaan iklim ditentukan setelah melalui pengamatan yang lama. Ilmu yang mempelajari tentang iklim ialah Klimatologi.
Cuaca dan iklim di berbagai tempat tentu berbeda. Adanya perbedaan keadaan cuaca dan iklim tersebut pada dasarnya ditentukan oleh unsur-unsur tertentu. Cuaca dan iklim dapat diamati dengan melakukan pengamatan terhadap unsur-unsur utama cuaca dan iklim yang meliputi suhu udara, tekanan udara. kelembaban udara, angin, awan dan curah hujan. Unsur cuaca lain adalah keadaan awan dan intensitas radiasi matahari.

No comments:

Post a Comment