Wednesday 23 November 2016

Danau

Danau
Danau adalah kumpulan air yang terdapat di dalam suatu cekungan. Danau tidak mempunyai aliran ke luar menuju laut, seperti sungai. Luas danau kurang lebih satu kilometer persegi. Danau dapat terbentuk oleh berbagai faktor, sehingga dikenal berbagai klasifikasi danau . Menurut terbentuknya, danau di Indonesia dapat dibedakan sebagai berikut:
1)    Danau tektonik
    Danau tektonik adalah danau yang cekungannya terbentuk oleh lapisan batuan (kerak bumi) yang mengalami patahan karena tenaga endogen seperti diperlihatkan pada gambar berikut ini. Beberapa contohnya adalah Danau Toba, Danau Poso, dan Danau Towuti.
2)     Danau vulkanik
    Danau vulkanik atau danau kawah. yaitu danau yang cekungannya terbentuk karena letusan gunung berapi yang menimbulkan kawah luas di puncaknya. Kawah tersebut kemudian terisi oleh air hujan dan terbentuklah danau. Contoh: Danau vulkanik antara lain danau Kawah Gunung Kelud dan Gunung Batur, Gunung Ijen, dan Gunung galunggung.
3)     Danau bendungan
    Danau bendungan yaitu danau yang cekungannya terbentuk oleh batu-batu yang berjatuhan dan membendung aliran sungai. Danau tipe ini terbetuk di wilayah pegunungan,
4)     Danau karst atau dolina
    Danau karst atau dolina terjadi karena batuan daerah kapur dilarutkan oleh air hujan yang banyak mengandung CO2 sehingga terbentuklah cekungan, yang dinamakan dolina seperti dierlihatkan pada gambar di samping ini.
    Oleh karena dasar cekungan kedap air maka ia akan terkumpul, dan terbentuklah danau karst. Beberapa contohnya adalah danau karst di Pegunungan Sewu, Yogyakarta.
5)     Danau flasial
    Danau flasia adalah danau di daerah gletser, misalnya danau-danau di perbatasan antara Amerika Serikat dan Kanada.

No comments:

Post a Comment