Wednesday 23 November 2016

Higrometer


Pernahkah kalian memperhati kan rambut kalian ketika basah dan ketika kering? Ketika rambut dalam keadaan kering, rambut tampak lebih pendck, dan ketika rambut dalam keadaan basah, rambut tampak lebih panjang. Mengapa bisa demikian? Memanjang atau mernendeknya rambut ini berkaitan dengan kelembaban udara.
Sifat memanjangnya rambut ketika basah dan mernendeknya rambut ketika kering ini dimanfaatkan oleh para ahli untuk mengukur kelembaban relatif udara, Alat yang digunakan untuk mengukur kelembaban relatif udara berdasarkan pada sifat rambut ketika basah dan kering ini disebut higrometer seperti dapat kamu lihat bentuknya pada gambar di samping ini.
Memanjang atau memendek nya rambut sehubungan dengan kelembaban relatif udara di suatu tempat akan. menggerakkan jarum penunjuk ke suatu angka tertentu pada skala piringan yang telah dikalibrasi.
Pada umumnya, sebuah higrometer dilengkapi dengan sebuah pena dan gulungan kertas pada drum untuk mencatat kelembaban relatif udara. Pena higrometer akan menggores dengan sendirinya pada kertas pencatat, menunjukkan besar kelembaban relatif udara pada suatu saat. Higrometer yang dilengkapi dengan pena dan gulungan kertas ini disebut higrogram, hari (tanggal) dan jam tertulis di tepi atas kertas, sedangkan kelembaban relatif udara tertulis pada tepi kin higrogram, perhatikan gambar dibawah ini.
Dengan hasil catatan mengunakan higrograf, cuaca pada hari-hari berikutnya bisa diramalkan dengan lebih teliti.






















Gambar6.28  Grafik kelembaban udara yang tercalat pada kertas higrogram. Tampak bahwa kelembaban udara turun jika suhu naik, dan sebaliknya.

No comments:

Post a Comment