Wednesday 23 November 2016

Dampak Positif dan Negatif Tenaga Eksogen serta Upaya Penanggulangannya


Tenaga eksogen yang berasal dari permukaan bumi seperti pelapukan, erosi, dan sedimentasi berdampak cukup banyak terhadap kehidupan manusia. Dampaknya yang ditimbulkan oleh tenaga eksogen selain bersifat positif, juga dapat bersifat negatif.

a.     Dampak Positif Tenaga Eksogen
Beberapa dampak positif dari tenbaga eksogen antara lain yaitu:

1)     Menciptakan habitat (tempat Hidup) bagi makhluk hidup
Dengan terjadinya pelapukan terhadap batuan, maka akan terbentuk tanah, hal ini memungkinkan tumbuh-tumbuhan hidup di atas tanah tersebut. Dengan tumbuhnya berbagai jenis tumbuhan di daerah tersebut menyebabkan adanya kehidupan hewan dan manusia. Manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan merupakan mata rantai kehidupan yang satu sama lain saling memiliki ketergantungan.

2)     Memperluas terdapatnya daratan di permukaan bumi
Berbagai jenis Erosi yang terjadi di daerah pegunungan, hasil material dari erosi tersebut akan dibawa ke laut dan mengendap di dasar laut. Peristiwa seperti ini telah berlangsung jutaan tahun lamanya sehingga endapan yang terbentuk semakin lama akan semakin tebal dan luas yang akhirnya membentuk daratan. Banyak dataran-dataran yang terbentuk dari hasil erosi dan pengendapan seperti pantai timur Sumatera, pantai Utara Jawa, dan lain-lain. Dataran yang terbentuk dari hasil pengendapan ini disebut dataran aluvial dan tanahnya disebut tanah aluvial.

3)     Memudahkan pengambilan barang-barang tambang yang terdapat di muka bumi
Dengan adanya erosi dalam waktu yang sangat lama (jutaan tahun) terhadap pegunungan yang mengandung barang-barang tambang dan mineral makin lama makin rendah sehingga barang tambang yang ada di dalamnya makin dekat ke permukaan bumi, dan akhirnya berada di permukaan bumi.

b.     Dampak Negatif Tenaga Eksogen
Dampak negatif tenaga eksogen bagi kehidupan manusia, antara lain yaitu:
1)    Tanah-tanah yang subur lama kelamaan akan semakin berkurang karena tanah yang subur di permukaan bumi akan terus menerus mengalami erosi setiap turun hujan.
2)    Hasil-hasil erosi yang diendapkan di muara-muara sungai menimbulkan terjadinya pendangkalan di muara sungai, yang mengakibatkan sungai menjadi mudah mengalami banjir ketika musim hujan. Hal itu terjadi karena arus sungai yang mengalir mengalami hambatan di muara sungai.
3)    Terjadinya Abrasi atau pengikisan air laut di pantai-pantai, yang mengakibatkan daratan dekat garis pantai hilang dihantam ombak. Sehingga rumah-rumah yang terdapat di pinggir pantai banyak yang hancur.

c.     Usaha Penanggulangan Dampak Negatif Tenaga Eksogen
Agar dampak negatif tenaga eksogen tidak menimbulkan kerugian yang terlalu banyak, maka perlu dilakukan beberapa upaya penanggulangan sebagai berikut:
1)    Memperbaiki hutan yang telah mengalami kerusaka dan melakukan reboisasi pada lahan yang telah gundul.
2)    Di lereng-lereng lahan yang miring, perlu dijadikan lahan untuk pertanian dengan cara membuat teras-teras. Hal itu bertujuan untuk memperkecil akibat yang ditimbulkan oleh erosi di lahan tersebut.
3)    Di muara-muara sungai yang mengalami pendangkalan karena pengendapan perlu dilakukan pengerukan, Hal ini bertujuan untuk memperlancar arus sungai agar dengan demikian bahaya banjir dapat dikurangi.
4)    Pantai-pantai yang sering mengalami abrasi agar dilakukan penanaman dengan menggunkan pohon bakau dengan tujuan untuk menahan abrasi. Jlka pada di daerah pantai terdapat pemukiman yang berhadapan langsung dengan laut, agar dibangun benteng penahan ombak di pinggir pantai.

No comments:

Post a Comment