Wednesday 23 November 2016

Anemometer


Arah angin diketahui dengan menggunakan bendera angin seperti diperlihatkan bentuknya pada gambar berikut.
Di lapangan terbang digunakan kantong angin. Angin memutar bendera ke arah tiupan angin sehingga penunjukkan menunjukkan arah datangnya angin. Pada kantong angin, arah datangnya angin ditunjukkan oleh arah menghadapnya kantong.
Arah angin dinyatakan dalam derajat. Angin utara dinyatakan sebagai arah 360°, angin timur 90°, angin selatan 270°, dan lain-!ain perhatikan gambar berikut.
Kecepatan angin diukur dengan alat ukur yang disebut anemometer. Anemometer yang biasa digunakan adalah anemometer mangkok seperti diprlihatkan bentuknya pada gambar berikut ini.
















Gambar6.24  (a) Anemometer mangkok. Skala lingkaran pada dasar mencatat banyaknya putaran poros dalam suatu selang waktu tertentu (b) Diagram sebuah anemometer mangkok listrik yang berputar c. Grafik Catalan perubahan kecepatan angin yang dihasilkan oleh anemometer.

Alat di atas memiliki tiga mangkok yang dapat diputar pada sumbu vertikal. Bila mangkok ditiup angin maka mangkok-mangkok itu berputar dengan kecepatan putar yang sebanding dengan kecepatan angin. Kecepatan angin dibaca pada skala yang terdapat di tiang bawah anemometer.
Manfaat menentukan arah dan kecepatan angin. Penentuan arah dan kecepatan angin banyak manfaatnya, yaitu:
a.    Untuk penerbangan. Mengetahui arah dan kecepatan angin di permukaan bumi mernbantu penentuan arah dan panjang landasan kapal terbang. Selanjutnya, jumlah penumpang dan bahan bakar ditentukan dengan memperhitungkan arah dan kecepatan angin pada landasan udara yang akan dilalui. Karena itu, penyelidikan mengenai arah dan kecepatan angin pada lapisan atas udara perlu sekali.
b.    Untuk peramalan cuaca. Data mengenai arah dan kecepatan angin, su.hu dan kelembaban udara pada setiap lapisan atmosier, dipancarkan ke stasiun penerima di bumi oleh satelit. Data ini dipergunakan untuk peramalan cuaca.
Penyelidikan mengenai arah dan kecepatan angin pada lapisan atas udara. Ada dua cara yang dilakukan untuk kegiatan ini, yaitu:
a.    menggunakan balon pilot
b.    menggunakan rawin

Salon pilot terbuat dari karet, betwarna merah, dan diisi dengan gas hidrogen. Balon itu dilepaskan diikuti peneropongan dengan menggunakan teodolit, yakni teropong yang dapat mengukur sudut horisontal dan vertikal seperti diperlihatkan alatnya pada gambar berikut.
Balon itu memiliki kecepatan 100 sampai 300 meter per menit, dengan demikian dapat diketahui pula arah dan kecepatan angin pada ketinggian tertentu. Pengukuran seperti ini hanya mampu dilakukan sampai pada ketinggian 6 atau 7 km dari permukaan bumi.
Pengukuran data di atas 7 km dilakukan dengan menggunakan rawin. Rawin terbuat dari balon yang lebih besar dari balon pilot dan diiengkapi dengan reflektor atau pemancar radio. Dengan bantuan alat penerima di bumi, kedudukan balon dapat diketahui setiap menitnya, sehingga arah dan kecepatan angin dapat ditetapkan.
Kawinsonde. Rawinsonde ialah rawin yang pemancar radionya diiengkapi dengan termometer dan barometer. Suhu dan tekanan udara dapat diukur sekaligus.

No comments:

Post a Comment