Wednesday 23 November 2016

Pengertian Pantai dan Pesisir


Pernah kah kalian mendengan istilah pantai dan pesisir? Pantai dan pesisif merupakan dua istilah yang berbeda akan tetapi keduanya saling berhubungan satu sama lain dan tidak dapat dipisahkan karena keduanya berhubungan dengan laut.
Pesisir dapat didefinisikan sebagai bagian permukaan bumi yang terletak di antara pasang naik dan pasang surut air laut. Pada saat pasang naik, pesisir tertutup oleh air laut sedangkan pada saat surut akan narapak berupa daratan. Oleh sebab itu, pesisir akan sama panjangnya dengan pantai.
Ukuran lebar pesisir tidak sama untuk setiap pantai, karena bergantung pada jenis pantainya. Pada pantai-pantai yang sangat landai, lebar pesisir dapat mencapai beberapa puluh meter. Pada saat surut, pesisir nampak terbentang memanjang sepanjang pantai dan merupakan bentangan pasir yang indah sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu objek pariwisata di pantai.
Pada pantai-pantai yang curam, lebar pesisirnya sangat sempit sehingga ketika pasang naik, air laut tertahan oleh dinding pantai dan tidak dapat mengalir lebih jauh ke arah daratan.
Pantai mengandung pengertian sebagai bagian daratan yang terdekat ke laut. Batas daratan dengan laut seolah-olah membentuk suatu garis yang dinamakan garis pantai. Keadaan dan bentuk pantai berbeda pada setiap tempat. Oleh karena itu pantai dapat dibedakan berdasarkan jenisnya. Berdasarkan jeriisnya pantai dibedakan menjadi sebagai berikut:

1.     Pantai Landai
Yang dimaksud pantai landai adalah pantai yang memiliki bentuk hampir rata dengan permukaan laut. Laut yang terdapat di pantai landai umumnya sangat dangkal. Beberapa contoh pantai landat yang dijumpat di Indonesia misalnya pantai sebeiah timur Pulau Sumatera, pantai sebeiah utara Pulau Jawa, dan pantai selatan Kalimantan. Pantai yang landai dapat dimanraatkan sebagai pelabuhan.














Gambar 7.15 Pantai yang landai dimanfaatkan sebagai pelabuhan. Sumber:  Encharta

2.     Pantai curam
Pantai curam adalah pantai yang daemhnya berbentuk curam dan menghadap ke laut. Kecuraman pantai ini disebabkan oleh adanya pegunungan yang terbentang di sepanjang pantai sehingga lereng yang curam langsung berbatasan dengan laut Di daerah-daerah pantai seperti ini seringkali banyak ditemukan gua-gua pantai yang terbentuk oleh pukulan ombak yang terjadi setiap saat. Beberapa contoh pantai curam yang terdapat di Indonesia banyak ditemukan di pantai barat Sumatera/ pantai selatan Jawa dan pantai-pantai lain yang lautnya berbatasan dengan daerah pegunungan.

3.     Pantai karang
Adapun yang dimaksud dengan pantai karang adalah pantai yang di sepanjangnya banyak ditemukan pulau-pulau karang, seperti di pantai timur laut Benua Australia.
4.     Pantai mangrove (pantai bakau)
Nama lain untuk pantai mangrove adalah pantai bakau. Pantai mangrove ialah pantai yang hampir sebagaian besar wilayahnya tertutup oleh hutan bakau. Pantai-pantai seperti ini banyak ditemukan di daerah tropis. Pantai mangrove dicirikan dengan banyaknya lumpur serta sering tergenang oleh air terutama ketika pasang naik. Pantai mangrove banyak terdapat di pantai timur Sumatera dan pantai-pantai rendah lainnya di seluruh Nusantara.

No comments:

Post a Comment