Wednesday 23 November 2016

Lapisan penyusun atmosfer bumi

Untuk selanjutnya marilah kita lihat masing-masing lapisan penyusun atmosfer bumi tersebut berikut ini.

a.    Lapisan Troposfer
Lapisan atmosfer paling bawah atau paling dekat dengan permukaan laut adalah Troposfer. Temperatur udara pada troposfer menurun secara teratur pada lapisan yang berada di atasnya. Penurunan Temperatur udara pada troposfer,yaitu berkurang 6,4°C setiap kita naik 1000 m (1 km).
Troposfer disebut juga lapisan campuran karena pada troposfer terjadi pencampuran udara yang disebabkan oleh gerak vertikal udara yang kuat. Troposfer mengandung 80% massa atmosfer dan peristiwa-peristiwa cuaca seperti angin, awan, hujan, halilintar terjadi pada lapisan ini.

b.     Stratosfer
Lapisan stratosfer terdapat di atas lapisan troposfer. Jika dalam troposfer suhu turun dengan bertambahnya ketinggian, maka pada stratosfer berlaku hal sebaliknya, yaitu suhu naik perlahan-lahan dengan bertambahnya ketinggian sampai kira-kira 0°C pada ketinggian 50 km. Pada lapisan ini tidak terjadi pencampuran udara secara vertikal.
Di antara troposfer dan Stratosfer, terdapat suatu lapisan peralihan yang disebut tropopause. Stratosfer banyak mengandung ozon (O3). Pemusatan ozon yang paling besar terdapat pada ketinggian 22 km. Di daerah kutub lapisan ozon lebih tebal dibandingkan dengan di daerah khatulistiwa yang semakin tipis.

c.     Mesosfer
Lapisan mesosfer terdapat di atas lapisan stratosfer. Dalam mesosfer, suhu kembali turun dengan bertambahnya ketinggian, dan mencapai suhu paling rendah -80°C pada ketinggian kira-kira 80 km. Di antara Stratosfer dan mesosfer, terdapat lapisan peralihan yang disebut stratopause.

d.     Termosfer
Lapisan termosfer disebut juga lapisan panas, terdapat di atas lapisan mesosfer. Seperti halnya stratosfer, di dalam termosfer suhu mulai naik dengan bertambahnya ketinggian. Walaupun sangat tipis, udara didalam termosfer dapat membakar meteor yang sedang melaju turun pada ketinggian 300 km. Termosfer dan mesosfer diantarai oleh suatu lapisan peralihan yang disebut mesopause.
e.     Ozon dan lonosfer
Atmosfer juga dibagi atas lapisan ozon (ozonosfer) dan lapisan ion (ionosfer) yang merupakan lapisan paling luar
Sesuai dengan namanya, pada kedua lapisan ini terdapat konsentrasi-konsentrasi ozon dan ion.

No comments:

Post a Comment