Wednesday 23 November 2016

Pemanfaatan Lapisan Atmosfer


Atmosfer sebagai suatu selubung udara yang menyelimuti bumi kita ini, memiliki arti yang sangat penting bagi kehidupan di permukaan bumi, karena terdiri dari berbagai jenis gas seperti nitrogen, oksigen, karbondioksida, dan uap air. Disamping itu atmosfer berfungsi penting untuk melindungi bumi dari pemanasan dan pendinginan yang berlebihan dari ruang angkasa.
Seandainya atmosfer tidak ada, suhu pada siang hari di permukaan bumi diperkirakan mencapai 93°C, dan pada malam hari menurun sampai -184° C. Peristiwa-peristiwa cuaca yang terjadi pada lapisan atmosfer seperti angin, hujan, awan, dan perubahan- perubahan suhu ternyata banyak rnempengaruhi kegiatan manusia.
Komposisi udara yang terdapat di atmosfer seperti telah kamu ketahui pada uraian di atas memiliki fungsi bagi kehidupan di permukaan bumi sebagai berikut :
a.    Oksigen (O2) yang jumlahnya ± 21%. sangat dibutuhkan bagi kehidupan di permukaan bumi, karena semua makhluk hidup membutuhkan oksigen untuk bernafas. Disamping itu, oksigen juga banyak dimanfaatkan di bidang industri dan kesehatan yang dikemas dalam tabung gas.
b.    Karbondioksida (CO2) yang berjumlah tidak lebih dari 0,03% sangat penting bagi kehidupan karena unsur ini berfungsi untuk menyerap radiasi panas.
c.    Uap air yang jumlahnya hanya sekitar 2% dari seluruh massa atmosfer, namun karena proses penguapan di muka bumi maka jumlah uap air yang terdapat di atmosfer selalu berubah-ubah. Semakin besar kandungan uap air di udara, semakin besar pula kemungkinan terjadinya hujan.
d.    Unsur Nitrogen yang merupakan unsur terbanyak di atmosfer yaitu sekitar 78,08% sangat penting bagi pertumbuhan tanaman atau tumbuhan. Kandungan zat nitrogen dalam tanah yang kurang dapat menyebabkan pertumbuhan tanaman terganggu. Nitrogen tidak dapat dimanfaatkan oleh tumbuh-tumbuhan secara langsung dari udara, melainkan harus dihisap oleh akar dari dalam tanah. Terjadinya petir atau halilintar bersamaan dengan turunnya hujan dapat mempercepat proses pelarutan Nitrogen di udara dan meresap ke dalam tanah. Kekurangan Nitrogen di dalam tanah dapat diatasi dengan cara melakukan pemupukan. Pupuk yang sering digunakan untuk mengatasi kekurangan nitrogen dalam tanah yaitu pupuk Urea. Pupuyk urea merupakan salah satu jenis pupuk yang mengandung banyak unsure Nitrogen. Nitrogen merupakan salah satu bahan dasar atau bahan baku untuk industri.
e.    Neon dan Argon, dimanfaatkan untuk mengisi bola lampu listrik. Bola lampu yang diisi dengan Neon (lampu Neon) dapat memancarkan warna jingga, sedangkan bola lampu yang diisi dengan Argon memancarkan warna merah.
f.    Ozon, dapat mematikan bakteri yang terdapat di dalam air, Oleh karena itu banyak dipergunakan dalam industri air mineral. Ozon digunakan untuk sterilisasi (mematikan bakteri) di dalam air. Dengan demikian, air tersebut aman untuk diminum karena tidak mengandung bakteri / kuman. Lapisan ozon terdapat pada stratosfer, sebagian besar terkonsentrasi pada ketinggian 22 km dan berfungsi sebagai pelindung permukaan bumi dari radiasi sinar ultraviolet.
g.    Helium yang hanya sedikit terdapat di udara merupakan gas yang sangat ringan. Gas ini banyak digunakan untuk mengisi balon terbang.

Disamping itu atmosfer juga bermanfaat untuk melindungi bumi dari bencana hujan meteor. Meteor yang jatuh dari ruang angkasa, sebelum sampai ke permukaan bumi mengalami pergesekan-pergesekan dengan atmosfer dan sebagian besar terbakar habis di lapisan atmosfer luar.
Lapisan Ionosfer yang terdapat di atmosfer dapat pula berfungsi untuk memantulkan gelombang radio sebagai alat komunikasi ke seluruh permukaan bumi.
Selain beberapa fungsi di atas, udara di atmosfer dapat dimanfaatkan sebagai sumber tenaga yang murah. Sampai saat ini belum ada aturan pajak bagi pemakai tenaga udara atau angin. Angin yang merupakan gerakan udara secara horizontal, telah dimanfaatkan oleh manusia sejak dahulu kala, bahkan sekarang ini pemanfaatannya semakin bevariasi.
Dari uraian di atas mengenai manfaat lapisan atmosfer, dapat disimpulkan bahwa lapisan atmosfer sangat bermanfaat bagi kehidupan di muka bumi ini, antara lain sebagai:
a.    Sumber oksigen untuk pembakaran, tanpa oksigen (udara) kita tidak dapat menyalakan api; untuk bernafas, dan sebagainya.
b.    Memungkinkan terjadinya awan; udara mengadung uap air yang jika mengembun membentuk awan, dan selanjutnya menghasilkan hujan.
c.    Melindungi manusia dari sengatan sinar ultraviolet.
d.    pengatur suhu, dengan adanya udara menyebabkan suhu bumi tidak terlalu tinggi pada siang hari dan tidak terlalu rendah pada malam hari.
e.    Lapisan udara melindungi atmosfer dari hujan meteor.
f.    pelindung makhluk hidup dari benda-benda kosmik,
g.    Sebagai wahana untuk berkomunikasi,
h.    bahan dasar industri,
i.    Untuk pendistribusian air dari lautan ke daratan (siklus air),
j.    sumber energi.

No comments:

Post a Comment