Wednesday 23 November 2016

Sedimentasi


Hasil pengikisan air sungai berupa batu-batu besar dan kecil, dan bahan-bahan halus, seperti pasir dan lumpur diangkut oleh arus sungai menuju ke hilir. Batu-batu besar dan kecil diendapkan terlebih dahulu di bagian tengah dan bagian hulu jalur sungai. Bahan-bahan halus yang tidak mengendap terus dibawa oleh arus sungai ke laut dan danau dan diendapkan di muara sungai mem-bentuk suatu daratan berbentuk segitiga yang dinamakan delta perhatikan gambar berikut.


Dapatlah kita nyatakan bahwa hasil pengikisan (erosi) suatu saat akan mengalami pengendapan atau sedimentas Jadi, hasil erosi adalah sedimentasi.
Delta yang dihasilkan dari sedimentasi mengandung bahan-bahan penyubur tanah, sehingga daerah delta merupakan suatu daerah pertanian yang subur. Tetapi sedimentasi juga dapat menimbulkan persoalan. Sebagai contoh sedimentasi mengakibatkan pendangkalan sungai. Untuk menjaga agar sungai dapat dilayari maka sedimen-sedimen yang tidak dikehendaki ini harus dibuang dengan mengeruk sungai seperti diperlihatkan pada gambar di di samping ini.

No comments:

Post a Comment