Wednesday 23 November 2016

Dampak Negatif Tenaga Endogen


Namun disamping dampak positif tenaga endogen juga menimbulkan dampak negatif. Dampak negatif yang ditimbulkan tenaga endogen antara lain ;
1)    Lereng-lereng pegunxmgan yang terbentuk oleh tenaga endogen ada yang curam dan ada pula yang lebih landai. Lereng-lereng yang curam dapat mengalami erosi tinggi sehingga tidak baik dijadikan sebagai lahan bagi pertanian dan perkebunan..
2)    Di daerah-daerah pegurumgan sering terjadi longsor yang dapat menimbulkan bencana yang merugikan bajk materi maupun korban jiwa, terutama pada musim-musim hujan.
3)    Pembuatan jalan di daerah pegunungan membutuhkan biaya yang sangat besar, karena jalan harus dibuat berkelok-kelok. Sehingga panjang jalan menjadi bertambah bila dibandingkan dengan jalan yang dibuat lurus seperti di daerah dataran.
4)    Terjadtnya gempa bumi dan letusan gunung berapi seringkali menimbulkan banyak jatuh korban jiwa maupun kerugian harta benda.

c.     Upaya Penanggulangan Dampak Negatif Tenaga Endogen
Tentunya dampak negatif yang ditimbulkan oleh tenga endogen jika tidak ditanggulangj dapat sangat merugikan bagi kehidupan manusia. Uintuk itu dampak negatif ini perlu ditanggulangi dengan berbagai upaya sebagai berikut:
1)    Lereng-lereng yang keadaannya curam tidak digunakan sebagai lahan pertanian dan pemukiman, sedangakan hutan yang ada di tempat tersebut harus tetap dipertahankan keberadaannya.
2)    Di daerah-daerah yang sering mengalami longsor karena keadaan tanahnya yang labil, tidak dijadikan sebagai tempat pemukiman penduduk, dan jika terlanjur ada pemukiman, agar dipindahkan ke tempat yang lebih aman.
3)    Jika bermukim di daerah rawan gempa atau dekat dengan gunung berapi, hendaknya mengikuti informasi yang diberikan pemerintah yang berkaitan dengan gunung api. Dengan demikian akibat-akibat bencana alam tersebut dapat dikurangi.
4)    Di daerah-daerah rawan gempa, konstruksi bangunan harus dibuat tahan gempa agar bangunan-bangunan tidak mudah runtuh jika terjadi gempa bumi.

No comments:

Post a Comment